• Posted by : Unknown 15 Nov 2016

             Pengantar Bisnis Informatika

    Pengalaman Pribadi Mengenai Sikap Menghargai Orang Lain (Toleransi)


    Nama :            Noviar Trivilla
    NPM :              56413549
    Kelas :             4 IA12

    TUGAS 2.1

           Hidup didalam keluarga campuran yang dimana Ayah saya adalah keturunan China dan Ibu saya adalah Melayu membuat saya tumbuh menjadi seseorang yang memandang seuatu perbedaan adalah saling melengkapi. Dalam hal toleransi , jikalau saya membandingkan lingkungan didaerah saya tumbuh besar dengan tempat saya tinggal sekarang serasa sangat kontras.
         
           Kenapa demikian ? minimnya rasa toleransi dalam masyarakat Indonesia masih lumayan tinggi apabila kita sering melihat berita-berita ditelevisi , saling menjatuhkan dan saling menghina etnis , suku dan agama lain. Padahal , Indonesia sendiri adalah negara Bhinneka Tunggal Ika yang artinya adalah Berbeda-beda tapi tetap Satu , disini kita dapat menarik kesimpulan bahwa Indonesia itu negri yang luas dari sabang sampai merauke , terdiri dari berbagai macam suku dan agama.

         Disini pikiran saya semakin terbuka terhadap perbedaan , dimana saya melihat bahwa setiap perbedaan yang ada itu muncul untuk saling melengkapi yang lain , apabila berbicara pengalaman yang saya rasakan selama tinggal ditempat saya Belitung , masyarakat hidup berdampingan , walau didominasi oleh suku tiong hoa dan muslim tapi mereka bisa saling hidup rukun dan berteman satu sama lain , bukti nyata lainnya adalah Ayah dan Ibu saya , bahwa perbedaan bukanlah suatu masalah.
         
            Menghargai orang lain itu sangat-sangat penting, kita tidak bisa memaksakan kehendak kita , terlalu egois membuat orang tidak nyaman , contoh apabila orang menyukai satu hobi sebut saja bermain game , lalu orang lain tiba-tiba mengatakan kalau hobi kita itu tidak berguna dan hanya buang-buang waktu. sebenarnya itu sama sekali tidak benar, setiap hobi yang kita miliki itu adalah kesenangan untuk kita sendiri , karena yang mengerti kita adalah kita sendiri .

          Sering kali juga saat kita berbicara kepada orang lain , kita serasa tidak diperhatikan , itu sudah masuk tidak menghargai kita , saya pribadi cukup sering seperti itu , namun kita harus tetap berpikir positif dan tetap memaafkan , karena apabila kita balik membenci orang lain kita sama saja dengan mereka.
    Tidak setuju dengan pemikiran orang lain hal yang wajar , namun lebih baik apabila kita bisa memberikan saran yang membangun dan menyampaikan dengan kata-kata yang halus tanpa menyinggung perasaan orang tersebut.

          Semakin kita bisa menerima perbedaan , perbedaan itu akan membuat kita menjadi sesuatu yang utuh.
    dalam artian kita sebagai manusia yang sering dibilang mahluk sosial tidak bisa hidup sendiri , dari kita menerima perbedaan maka kita akan menemukan teman , sahabat, pasangan dan keluarga.
    bukan indah apabila kita hidup damai dalam beranekaragam macam suku ras dan budaya ?

    Kesimpulannya 
    Yang terpenting dari menghargai orang lain adalah kita harus berpikir maju , terbuka, mau menerima perbedaan , mencerna setiap perkataan , sebab hanya pikiran orang-orang yang tidak ingin maju yang selalu mempermasalahkan perbedaan.
        Saya percaya apabila setiap masing-masing dari kita semua bisa berpikiran terbuka dan mau menerima perbedaan , tentunya kita bisa hidup rukun dan damai.


    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © 2013 - Hyperdimension Neptunia

    ❅Void World❅ - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan